Sehubungan
dengan penggunaan e-commerce untuk mendukung perdagangan melalui
Internet, muncul pula perantara yang berbasis Internasional dan dikenal
dengan sebutan e-intermediary. E-intermediary (Ebert dan Griffin, 2003)
adalah para anggota saluran distribusi Internet yang melakukan salah
satu atau fungsi berikut:
- Mengumpulkan informasi tentang para penjual dan menyajikannya dalam bentuk yang praktis kepada para konsumer.
- Membantu menyalurkan produk-produk Internet ke konsumer.
Tiga
macam e-intermediary yang terkenal saat ini, yaitu penjual bersindikat
(syndicated seller), agen pembelanjaan (shopping agent), dan makelar
bisnis-ke-bisnis (business-to-business).
1. penjual Bersindikat
Yang
disebut penjual bersindikat adalah sebuah situs Web yang menawarkan
hubungann kepada konsumer ke situs-situs Web lain dan atas jasa ini Web
yang menghubungkan Web lain akan mendapatkan komisi. Hubungan dibentuk
melalui iklan (banner ad) yang dipampangkan dalam bentuk halaman Web.
Konsumernakan di hubungkan ke Web bersangkutan sekiranya mengklik
gambanr iklan tersebut. Sebagai contoh, banyak situs yang menanyakan
iklan dari toko buku online Amazon.com
2. Agen
pembelanjaan
Dikenal dengan sebutan e-agent) merupakan sutu situs Web
yang membantu para konsumer dengan cara memberikan kemudahan untuk
mendapatkan informasi yang di perlukan konsumer dalam rangka untuk
membuat keputusan pembelian. Perantara seperti ini tidak memiliki produk
sama sekali. Yang menjadi fokus perantara ini adalah menyediakan
informasi dari sejumlah situs Web yang lain yang menjual produk yang di
cari konsumer. Sebagai contoh, PriceSCAN (www.pricescan.com)
merupakan e-agent terkenal untuk mencari informasi tentang komputer dan
berbagai produk yang lain (dilengkapi harga pada setiap situs).
3. Makelar Bisnis-Ke-Bisnis
Seperti
halnya e-agent, makelar bisnis-ke-bisnis tidak memiliki produk.
Perantara ini menyediakan sarana ke komunikasi antarpebisnis. Sebagai
contoh, Edfex (www.edfex.com) menyediakan informasi yang sangat baru tentang produk dan harga yang berasal dari para pemasok dan pembeli.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar